Bikin Browser Game? Pake apa?

Performa web browser dalam hal rendering DOM & eksekusi JavaScript sekarang ini udah lumayan bagus. Nggak seperti beberapa tahun yg lalu dimana bikin game pake JavaScript adalah opsi yang nggak masuk akal, sekarang kita punya JavaScript interpreter yang cukup cepat, ditambah elemen canvas yang juga support hardware/gpu rendering. Nggak aneh kalau saat ini banyak developer atau vendor yang bikin game engine/framework berbasis JavaScript.

Jadi gimana nasib Flash?

Ya nggak gimana-gimana … Flash tetep lebih superior & populer untuk game dibanding JavaScript (apa yang bisa kita bikin pake JavaScript hari ini, bisa dibikin pake Flash sepuluh taun yang lalu). Bikin game pake Flash juga jauh lebih hemat waktu & biaya. Cuman masalahnya, Flash nggak suport mobile browser. Jadi kalo kita ingin bikin game untuk pengguna mobile device, kita cuma punya dua opsi:

  1. Bikin game sbg native app
  2. Bikin browser game

Mana yang kita pilih tergantung kebutuhan. Kalo game serius ya pastinya opsi pertama lebih baik terutama dari sisi performance. Tapi ini bukan tanpa kendala, pertama kita harus punya developer account yg butuh biaya ($25 utk Google Play, $99/tahun utk IOS). Kedua, game harus lewat proses submission & approval yg tentu butuh waktu. Ketiga, aturan untuk native app relatif lebih ketat, contohnya Apple melarang distribusi advergame jadi kita nggak bisa bikin game untuk promosi produk/klien, ada aturan UI yang harus diperhatiin, dsb.

Opsi kedua cocok untuk advergame, game-game yg relatif sederhana & nggak terlalu butuh performa tinggi. Keuntungan lain dari opsi kedua adalah distribusi yg murah & mudah. Pasar untuk browser game juga masih terhitung “muda” jadi standar kualitasnya juga nggak terlalu tinggi. Jadi untuk developer indie relatif lebih gampang cari sponsor (katanya sih … belum ngalamin sendiri).

Tools apa untuk bikin x-platform browser game?

Kalo Anda tahan stress silakan pake pure JavaScript & CSS. Buat saya & kebanyakan orang, lebih baik pake library atau tools khusus. Berikut ini beberapa yang populer:

  • LimeJS
  • EaselJS
  • ImpactJS (bayar)
  • Intel XDK (freemium)
  • Construct 2 (bayar)
  • GameMaker (bayar)
  • Stencyl (bayar)

Sekarang saya ada proyek pake LimeJS. Nanti kalo udah selesai saya bikin tutorialnya.

Also in this category ...


3 thoughts on “Bikin Browser Game? Pake apa?

  1. mantap , ditunggu tutorialnya mas hehehe

    ini sekedar sharing
    https://github.com/aduros/flambe/wiki
    https://github.com/dionjwa/catapult

    btw mas , di post yg sharing e-book bisa minta tambah button donate paypal ?
    ( terutama yg post e-book mengenal git & javascript ) ,ingin mendukung e-book berkualitas berbahasa indonesia : )

  2. Anggie Bratadinata

    Tombol donasi udah ditambahin. Thx! :-)

  3. sip, terus berkarya mas